Skip to main content

Filsafat Akuntansi, Pendekatan Ilmiah dan Pendekatan Alternatif dalam Penelitian


Kajian Filsafat Akuntansi

Akuntansi menurut Suwardjono (2005) adalah seperangkat pengetahuan yang mempelajari perekayasaaan (teknologi) penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit-unit-unit organisasi dalam suatu lingkungan negara tertentu dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.

Secara filosofis terdapat tiga pendalaman dalam posisi akuntansi berada yaitu

1.     Akuntansi sebagai Seni

Pada dasarnya seni adalah ungkapan perasaan seniman yang disampaikan kepada orang lain agar mereka merasakan apa yang dirasakan oleh seorang seniman. Pada pandangan dalam akuntansi sebagai seni, pada dasarnya seorang akuntan tidak hanya menggunakan teori dan praktik akuntansi tetapi juga menggunakan kreativitas dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dilapangan. Dengan kata lain akuntansi sangat erat dengan pemikiran dan penafsiran pribadi yang dilakukan oleh praktisi, sehingga sukar merumuskannya dalam formula matematis.

Terdapat pemikiran lain bahwa akuntansi bukanlah seni, Suwardjono (2005) menyatakan bahwa akuntansi sebagai seni tidak tepat untuk di masa saat ini, kecenderungan akuntansi merupakan seni adalah apabila dikerjakan secara konvensional, pada era saat ini akuntansi diakomodir melalui teknologi.

2.     Akuntansi sebagai Ilmu

Suriasumantri (1998) menafsirkan bahwa ilmu merupakan suatu pengetahuan yang mencoba menjelaskan rahasia alam agar gejala alam tersebut tidak lagi penjelajahan praduga apakah nilai tersebut bersumber dari moral, ideologi, atau kepercayaan, metafisis ilmu harus bebas dari nilai. Kriteria dapat dikatakan sebagai ilmu adalah

a)     Koherensi

Seperangkat pernyataan yang diturunkan dengan logis atau bernalar dari asumsi atau premis yang mendasari.

b)     Korespondensi

Penentuan apakah kesimpulan yang dihasilkan dari teori yang mendasarinya didukung oleh fakta yang empiris di dunia nyata.

c)     Keterujian

Terdapatnya metode yang cukup meyakinkan untuk menguji teori.

d)     Universal

Kriteria untuk menentukan apakah pernyataan-pernyataan (teori) mampu untuk mencakupi dan menjelaskan fakta yang berkaitan dengan fenomena yang dibahas.

Triyuwono (2000) berpendapat lain bahwa akuntansi tidak bebas nilai karena akuntansi telah dijadikan sebagai alat untuk melegimitasi dan mendukung ideologi kapitalis dan materialis atau penguasa organisasi. Suwardjono (2005) akuntansi bukan bersifat ilmu, dikatakan bahwa bukan berarti akuntansi bersifat ilmiah. Dalam proses pemahaman, pembelajaran, dan pengembangan akuntansi, pendekatan atau sikap ilmiah tetap dapat diterapkan karena pendekatan dan sikap akan memberikan keyakinan yang tinggi terhadap apa yang dihasilkan oleh akuntansi.

3.     Akuntansi sebagai Teknologi

Teknologi adalah seperangkat pengetahuan untuk menghasilkan sesuatu (barang) yang bermanfaat, dan sarana pemecahan masalah serta untuk mencapai tujuan tertentu. Akuntansi sebagai Teknologi merupakan seperangkat teknologi yang dapat memiliki sifat lebih bermanfaat dan memiliki pengaruh terhadap kehidupan sosial tertentu. Akuntansi dirancang untuk memperlancar kegiatan ekonomik dan oleh karenanya akuntansi berfungsi teknologi untuk kepentingan (kebijakan) politik.

Atas dasar ketiga posisi filsafah keilmuan akuntansi bahwasanya akuntansi bisa dikaji melalui sains bebas nilai dan tidak bebas nilai, hal ini tergantung pada perilaku para akuntan sendiri. Akuntansi lebih memiliki pendekatan ke teknologi, sehingga seperangkat pengetahuan akuntansi harus dikembangkan sesuai dengan teknologi agar lebih bermanfaat dan memiliki pengaruh pada kehidupan sosial tertentu.

Filosofi Paradigma Metodologi Pengetahuan

Pengetahuan dibangun berdasarkan asumsi filosofis tertentu. Burrel dan Morgan (1973) dalam Khomsiyah dan Indriantoro (2000) asumsi filosofis tersebut adalah Ontology, Epistemology, Human Nature, dan Methodology. Ontologi berhubungan dengan hakekat atau sifat dari realitas atau obyek yang akan diinvestigasi. Epistemologi berhubungan dengan sifat dari ilmu pengetahuan, apa bentuknya, dan bagaimana mendapatkannya, serta bagaimana menyebarkannya. Perhatian pada epistemologi ini adalah bagaimana memberikan perhatian pada penyerapan ilmu pengetahuan dan mengkomunikasikannya. Pendekatan subyektivisme  (anti positivisme) memberikan penekanan bahwa ilmu pengetahuan sangat subyektif, spiritual, atau bersifat transedental yang didasarkan atas pengalaman dan pandangan manusia. Hal ini berbeda dengan pendekatan obyektifisme (positivism) yang berpandangan bahwa pengetahuan itu berbentuk tangible. Burrel dan Morgan (1979) memandang bahwa filsafat ilmu harus mampu melihat keterkaitan antara kehidupan manusia dengan lingkungannya. Pendekatan voluntarisme memberikan penekanan pada esensi manusia berada di dunia ini untuk memecahkan fenomena sosial sebagai free will and choice. Manusia dipandang sebagai creator dan mempunyai perspektif untuk menciptakan fenomena sosial dengan kreatifitasnya. Sebaliknya, pendekatan determinisme memandang manusia dan aktivitasnya ditentukan oleh situasi atau lingkungan dimana dia berada. Metodologi dipahami sebagai cara untuk menentukan teknik yang tepat untuk pengetahuan. Pendekatan ideographic yang memiliki unsur utama subyektivisme melandaskan pandangan bahwa seseorang akan dapat memahami dunia sosial dan fenomena yang diinvestigasi, apabila dia mendapatkan dari first hand knowledge. Sebaliknya pendekatan nomoethic mempunyai protokol sistem dan teknik. Ringkasnya Burel dan Morgan menggambarkan asumsi tersebut sebagaimana gambar berikut :

 

Asumsi-asumsi filosofis tersebut , Burrel dan Morgan (1979) mengelompokkan pengetahuan dalam empat paradigma yaitu functionalist, interpretive, radical humanist, dan radical structualist.

Pendekatan Ilmiah dalam Penelitian Akuntansi

Penelitian dan pengujian dilakukan bertujuan untuk menemukan suatu kebenaran dalam suatu kebenaran ilmu pengetahuan. Beda (2020) mengemukakan bahwa pendekatan ilmiah dapat berupa:

1.     Obeserving (mengamati)

Dimana peneliti mampu mengamati obyek yang akan dipelajari.

2.     Questioning (menanya)

Mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari apa yang diamatinya atau pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati.

3.     Associating (menalar/mengolah informasi)

Dalam konteks ini semua informasi yang sudah dikumpulkan baik dari hasil mengamati, membaca, atau percobaan dinarasikan.

 

4.     Experimenting (mencoba)

Pada tahap ini siswa dapat melakukan eksperimen, membaca referensi lain dan atau mengamati objek atau peristiwa, melakukan wawancara denban narasumber.

5.     Networking (membentuk jejaring)

Pada tahap ini peneliti memberikan hasil laporan untuk dipublikasikan dan mendapat respon dari pembaca.

Ciri-ciri penelitian Ilmiah

Sekaran dan Bougie (2017) Ciri atau karakteristik utama penelitian ilmiah terdapat dalam daftar berikut :

1.     Tujuan yang jelas

Pada dasarnya penelitian dilakukan dengan persyaratan tujuan yang jelas.

2.     Teliti

Dasar teori yang baik dan desain metodologi yang lengkap akan menambah ketelitian (rigor) studi dengan tujuan yang jelas.

3.     Dapat diuji

Ciri dapat diuji adalah kualitas yang berhubungan dengan hipotesis studi.

4.     Dapat diulang

Penelitian yang temuan dan kesimpulannya lebih meyakinkan apabila temuan yang dihasilkan sama muncul berdasarkan data yang dikumpulkan oleh organisasi lain.

5.     Tepat dan Keyakinan

Ketepatan mengacu pada kedekatan temuan dengan realitas berdasarkan sampel. Sedangkan keyakinan adalah mengacu pada probabilitas bahwa estimasi kita tepat. Oleh sebab itu teliti saja tidak cukup dan hal terpenting adalah kita meyakini bahwa harus 95% benar dan kemungkinan salahnya hanya 5%.

6.     Objektivitas

Kesimpulan yang ditarik dari interprestasi hasil analisis data harus objektif yaitu harus berdasarkan fakta-fakta dari temuan yang berasal dari data aktual dan bukan dari pandangan subyektif.

7.     Dapat digeneralisasi

Mengacu pada cakupan penerapan temuan penelitian dalam satu konteks organisasi ke konteks organisasi lainnya.

8.     Hemat

Kesederhanaan dalam menjelaskan fenomena atau persoalan yang muncul dan dalam menghasilkan solusi untuk permasalahan, selalu lebih dipilih untuk kerangka penelitian yang kompleks yang meliputi sejumlah faktor untuk permasalahan.

Pendekatan Alternatif untuk Penelitian

Mengikuti pendekatan ilmiah untuk penelitian seharusnya dapat membantu peneliti mendapatkan kebenaran terkait subjek penelitian. Semua pendekatan didasarkan keyakinan tentang dunia di sekitar. Terdapat studi filosofis apa yang dikatakan “ada” atau disebut ontologis. Perdebatan tentang sifat pengetahuan atau bagaimana kita mengetahui atau disebut epistemologi memiliki sejarah panjang dan tidak terbatas pada penelitian bisnis saja.

Perspektif paling penting untuk penelitian dalam akuntansi atau bisnis terbagi menjadi :

a.     Positivisme

Dalam pandangan positivis, dunia, ilmu pengetahuan, dan penelitian ilmiah dipandang sebagai cara untuk mendapat kebnearan. Positivis percaya tidak ada kebenaran objektif. Bagi positivisis dunia berjalan dengan hukum sebab akibat yang dapat kita pahami jika kita menggunakan pendekatan ilmiah dalam penelitian. Para positivis memerhatikan ketelitian dan sifat dapat diulang dari penelitian mereka. Mereka menggunakan penalaran deduktif untuk menyatakan teori yang dapat mereka uji dengan metode desain penelitian tetap yang ditentukan sebelumnya dan ukuran yang objektif. Pendekatan utama dari peneliti positivis adalah observasi. Positivis percaya bahwa tujuan penelitian adalah hanya untuk menjelaskan fenomena yang dapat diamati secara langsung dan diukur secara objektif oleh seseorang. Bagi mereka, pengetahuan di luar hal tersebut seperti emosi, perasaan, dan pikiran adalah tidak mungkin.

b.     Constructionism

Menolak keyakinan positivis bahwa kebenaran objektif. Pandangan konstuktionis adalah bahwa dunia pada dasarnya adalah mental dan dibangun dengan mental. Penekanan yang dimunculkan adalah bagaimana orang-orang membangun pengetahuan yang mana mempelajari alasan yang orang-orang berikan untuk permasalahan dan topik. Metode penelitian konstruksionis adalah cenderung kualitatif.

c.      Realisme Kritis

Realisme kritis adalah pentingnya kemampuan kita untuk memahami dunia dengan kepastian. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan tujuan tersebut meskipun hal tersebut tidak mungkin untuk dicapai.penganut realisme kritis percaya bahwa peneliti tidak terlepas dari bias. Pendapat utama mereka adalah bahwa kita perlu menggunakan triangulasi untuk berbagai metode yang tidak sempurna dan memiliki kesalahan, observasi, serta peneliti untuk mendapatkan ide yang lebih baik terkait apa yang sedang terjadi di sekitar kita.

d.     Pragmatisme

Aliran pragmatisme tidak menerima pendapat tertentu tentang apa yang membuat tentang apa yang membuat penelitian bagus. Mereka merasa bahwa baik penelitian pada fenomena objektif yang dapat diobservasi dan makna subjektif dapat menghasilkan pengetahuan yang berguna dalam penyelesaian bisnis. Pragmatisme menjelaskan penelitian sebagai proses di mana konsep dan arti (teori) merupakan generalisasi dari tindakan dan pengalaman kita di masa lalu, dan interaksi yang kita miliki dengan lingkungan kita. Dengan demikian penganut paham pragmatisme menekankan pada sifat penelitian yang dibangun secara sosial.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Beda, Elis. 2020. Penerapan Pendekatan Ilmiah dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Akuntansi. Journal of Education and Instruction Vol. 3, Nomor 2, Desember 2020.

Burrell, Gibson, dan Gareth Morgan. 1979. Sociological Paradigms and Organizational Analysis. New Hampshire: Heinem.

Khomsiyah dan Nur Indriantoro. 2000. Metode Penelitian Akuntansi Keperilakukan: Pendekatan Filsafat Ilmu. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 2 No.2, Agustus 2000, 89-102.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.

Sudibyo, Bambang. 1987. Rekayasa Akuntansi dan Permasalahannya di Indonesia. Media Akuntansi Juni.

Suriasumantri, Jujun S. 1998. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Gramedia.

Suwardjono. 2005. Teori Akuntansi-Perekayasaan Akuntansi Keuangan. Yogyakarta : Penerbit BPFE.

Triyuwono, Iwan. 2000. Organisasi dan Akuntansi Syariah. Yogyakarta: Penerbit LKIS.

 

Comments

Popular Posting

Jamaluddin Al-Afgani dan Muhammad Abduh (tokoh-tokoh penting Muslim)

Jamaluddin Al-Afgani adalah tokoh muslim yang kisahnya tak hanya terkenal di negara-negara Islam, namun negara-negara non muslim pun terkenal. Jamaluddin Al-Afgani merupakan muslim yang hali di dalam bidang politik, di sini membawa bahwa negara Islam adalah negara yang diakui di mata dunia, dan menghapuskan Islam hanya berfokus pada ketuhanan. Muhammad Abduh adalah tokoh muslim yang beberapa pembaruannya kuat dari faktor sosial, budaya, politik, dsb. Keberadaannya dalam dunia Islam adalah menyejajarkan dengan orang barat dalam ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu inilah makalah mengenai keduanya. III.I.    Jamaluddin Al-Afghani Jamaluddin Al-Afghani lahir di As’adabad, dekat Kanar di Distrik Kabul, Afghanistas tahun 1839 dan meninggal di Istambul tahun 1897. Berdasarkan beberapa beliau sebenarnya lahir di kota yang bernama sama (As’adabad) tetapi bukan di Afghanistan, melainkan di Iran. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang, khususnya orang Iran lebih suka menyebut ...

Company Visit HMJA KOMISI FE UII 2014/2015

Bali kapan kesana lagi? kapan lagi kalau tidak masa-masa liburan menyempatkan pergi ke sana, dalam rangka kunjungan perusahaan, oke langsung aja ceritain gimana sihhh kita kemaren menuju Bali nya. pertama hari pertama, kita berangkat malam, semalaman perjalanan hingga sampai di daerah mojokerto, kita makan pagi, dan menuju PT Yakult Indonesia, di sana amat menganut perusahaan modern, dan keren, ketika kita berkunjung banyak sekali hal yang dipelajari mulai dari produk pembelian, hingga siap jual, dan strategi marketingnya. kemudian kami berangkat lagi yaitu menuju PT Amarta Otsuka atau Pocari Sweat, kami melihat modernnya perusahaan ini, dimana lingkungan kerja di sana sangat bagus dan menarik, dan begitu luas pabrik nya. Lanjut kita ke Bali, setelah menyebrang laut dengan lumayan keren, akhirnya tibalah kita di pantai tanah lot, di sana begitu menyenangkan, hahahaa, bisa liat deburan pantai di pagi hari, perjalanan dilanjutkan, akhirnya pada siang hari langsung kita menu...

Unggah Ungguh Basa Jawa

sebagai orang jawa saya juga mesti menulis jawa. .. . 1. ngoko: basa seng sedaya basane iku ngoko, imbuhan, perangan awak, subyek, tembung kriya, sedoyo ngoko tuladha: 1. aku mangan sega              2. ibu diseneni bapak 2. ngoko alus: basa seng ono tembung-tembunge krama inggil yaiku tembung kriya, tembung perangan awak, lan tembung kowe tuladha: 1. simbah lagi gerah waja              2. panjenengan uwis sare? 3. Krama Inggil: Krama ingkang sedaya tembungipun krama alus. . . . tuladha: 1. Bapak tindak Peken              2. Ibu nembe Sare 4. Krama Madya: krama seng tembunge krama ora alus tuladha:  1. Kula ajeng nedha               2. sedaya kalipatan kula nyuwun pangapura kuwi mau tembung UUB matur s...

Kedudukan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia

kedudukan pancasila dan pembukaan UUD 1945 dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia dapat dijelaskan bahwasanya Pancasila dan pembukaan UUD 1945 memiliki hubungan yang mana Pancasila merupakan sumber diadakannya Pembukaan UUD 1945, Dengan kata lain pembukaan UUD 1945 yang mana memuat Pancasila sebagai dasar negara, Tujuan Negara, dan Bentuk negara Republik Indonesia dan merupakan Sumber hukum tertinggi di Indonesia, menjadikan Pancasila sebagai dasar hukum untuk memfilsafatkan pembukaan UUD 1945. Di Pembukaan UUD 1945 terlihat bahwa alenia pertama hingga ke empat merupakan peryataan-pernyataan yang terkait dengan pendahuluan bangsa Indonesia, dan di alenia ke empat merupakan kesatuan organis dengan pasal-pasal yang berada pada batang tubuh UUD 1945. Selain itu di dalam UUD 1945 yang merupakan bentuk atas deklarasi bangsa dan negara Indonesia memiliki tujuan yang mana secara khusus adalah berusaha untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah indonesia, memajukan keseja...

Ekonomi Islam - Harga Pasar, dan peranan publik dalam perekonomian (peranan, sejarah, mekanisme, dan bentuk pasar) - Ringkasan delapan

Sekarang adalah waktu untuk share terkait ekonomi islam penentuan harga, pasar, dan peranan publik dalam perekonomian Dalam konsep ekonomi Islam harga ditentukan oleh keseimbangan permintaan dan penawaran. Keseimbangan ini tidak terjadi apabila antara penjual dan pembeli tidak saling bersikap merelakan. Kerelaan ini ditentukan oleh penjual dan pembeli dalam mempertahankan kepentingannya atas barang tersebut. Jadi, harga ditentukan oleh kemampuan penjual untuk menyediakan barang yang ditawarkan kepada pembeli, dan kemampuan pembeli untuk mendapatkan barang tersebut dari penjual. Dalam ekonomi Islam keseimbangan pasar mempertimbangkan beberapa hal. 1.       Dalam konsep Islam monopoli, duopoly, oligopoly tidak dilarang keberadaannya selama mereka tidak mengambil keuntungan diatas keuntungan normal. 2.       Kondisi pasar yang kompetitif mendorong segala sesuatu menjadi terbuka. Allah berfirman dalam surat An-Nisa ayat ...

Analisis unsur instrinsik novel luar negeri sherlock holmes "The Adventure of the Devil's Foot"

nah pada kali ini saya akan memberikan sebuah posting tentang tugas masa kelas XI Ipa 6 . . . .ya seperti itulah. . .ini merupakan tugas bahasa Indonesia yang kami kerjakan ber-empat (yufi,a'as,adit,jb) . . .di dalam sini saya akan membahas tentang bagaimana cara menentukan instrinsik novel luar negeri yang sebelumnya yaitu analisis novel dalam negeri berjudul : The Adventure of the Devil's Foot nah untuk selanjutnya saya akan membahas tentang sebuah novel karya " Arthur Conan Doyle " berjudul The Adventure of the Devil's Foot dalam serinya SHERLOCK HOLMES . . .bahkan untuk membaca novel kecil ini saya membutuhkan waktu selam satu hari kurang atau lebih tepatnya 6 jam kurang. . . keren padahal saya menyewa itu dari persewaan buku depan sekolah dengan rp. 1000/hari. . . hehehehe. . . . nah untuk ulasan silahkan saja lihat di bawah ini. . .  A. RESENSI SEKILAS Judul                : The Adventure of...

Laporan Hasil Observasi KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Islam Indonesia 2015

Hello sudah sekitar 1 tahunan saya mengalami sebuah KKN yang mana menimbulkan seribu satu kisah yang bakal ngga akan terlupa. Satu keluarga yang berasal dari orang-orang berbeda di satukan dalam satu rumah dibawah bimbingan seorang kepala dusun yang sangat baik hati. Berikut adalah salah satu hal yang biasanya dicari anak-anak UII yang mau KKN yaitu program KKN monggo silahkan kalau mau didownload. Gratis gausah pake bayar. LATAR BELAKANG   Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Indonesia (UII) diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan pengabdian terhadap masyarakat, di mana setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dan menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat membantu warga masyarakat sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki .   Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah pembelajaran sekal...

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kesenian Tari Topeng Ireng Kabupaten Boyolali

Berikut ini akan saya share bagaimana isi proposal untuk pengajuan dana untuk pendanaan kesenian topeng ireng di salah satu desa di kabupaten Boyolali. Berikut akan terlampir di bawah ini. Topeng Ireng adalah salah satu kesenian yang tumbuh dan berkembang di daerah boyolali yang mana harus lestari dan berjaya selama-lamanya. Untuk menunjang kesenian ini terus berkembang dan tumbuh maka dibutuhkan suatu hal yang menunjang kesenian tersebut. DOWNLOAD DI SINI PROPOSAL PENGAJUAN DANA FASILITAS KOSTUM KESESENIAN TOPENG IRENG DUSUN GESIKAN, DESA JRAKAH, KECAMATAN SELO, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH 2015 I.                    Nama Kegiatan Pengajuan Dana Bantuan Kostum Seni Tari Topeng Ireng II.                 Tema Kegiatan “Unggulkan Seni melalui Fasilitas Topeng Ireng” III.   ...

Cara cepat Key-in / KRS-an / RAS/ memilih mata kuliah di Universitas masing-masing (UII)

setiap ajaran baru ada hal yang membuat kita tegang selama berjam-jam dan hal ini terjadi pada waktu mendekati peristiwa ini terjadi. Jawabnya adalah KRS-an kalo di UII disebut Key-In. Lalu apa yang perlu dipersiapin adalah bagaimana kelanjutannya besok, bagaimana caranya, apalagi ini yang pertama bagi kami angkatan baru, pada saat itu terjadi tepatnya jam 3 sore tepat tadi, wkwkwkk buset deh rasanya negangin banget, bahkan ada yang bikin status 'Key in di UII itu lebih menegangkan dibanding UJIAN!!!", alay sih alay tapi mau gimana lagi.  Alasan tersebut lah menyebabkan di sini kami harus berebut kelas, kami harus berkelahi satu sama lain saling pukul memukul. eitsss, tapi ga segitunya kok. Okey ini masalah key in nilai, cara belajar, dan sebagainya berasal dari sini. Okay awal yang harus dilaku'in itu adalah musti janjian sama temen di warnet tertentu, kita book dulu lah. Singkat cerita, saya bersama ke tujuh teman lainnya mengawali key in, dan pertama-tama berniat m...

Berbalas Pantun Anak Muda

wew. . .hari ini ane maju Berbalas Pantun bersama teman saya FA BRIAN GP . . . . nah bayangin coba. . .ane sudah bikin naskah yang sangat mendukung dan tentunya sangat susah. . . ini merupakan kewajiban siswa bahasa Indonesia kelas 3. . . bahkan pantun ini juga dibubuhi Film Pendek yang berjudul "yufigination". . . yang menceritakan Yufi yang punya pacar kemudian diselingkuhi dan dicambukkan cintanya. . . setelah itu mereka berpantun ria. . . Inilah Pantun dari Berbalas Pantun Anak Muda . . . .Yang berhasil memperoleh nilai PROS 90 bulat. . .wkakakakakaa 1. Berawal dari Yufi Mahendra Wardana Mengutarakan pantunnya Buat apa ke pasar Kalau hanya beli peniti Buat apa aku punya pacar Kalau hanya menyakiti hati 2. Disambut Brian dengan Pantunnya Kalau kau tahu ada rakit Kan ku pancing ikan nila Kalau kau tahu cinta itu sakit Jangan kau mulai dari semula 3. Yufi kembali berpantun Bagaikan Memancing kehujanan Hujan melan...