Skip to main content

Pengantar Akuntansi Manajemen dan Sistem Manajemen Biaya (Contemporary Management System)


1.      Konsep Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen merupakan cabang akuntansi yang memasok informasi yang dibutuhkan oleh para manajer guna untuk menentukan bagaimana sumber daya diperoleh dan digunakan dalam setiap jenis bisnis, baik berskala kecil maupun besar. Akuntansi manajemen berbeda dengan akuntansi keuangan yang berkaitan dengan penyediaan informasi bagi para pemegang saham, kreditor, investor dan pihak lain di luar organisasi.

Akuntansi Manajemen menurut Blocher, Stout, dan Cokins (2010) adalah suatu proses yang mencakup perencanaan, membuat keputusan, dan mengukur sistem manajemen, dan menyediakan keahlian di laporan keuangan beserta pengendaliannya untuk membantu formulasi  dan pengimplementasian organisasi perusahaan. Prosesnya secara umum proses akuntansi manajemen ini ada lima tahapan yaitu akuntan manajemen mengumpulkan data dan meringkas dari suatu kejadian bisnis, kemudian data tersebut diubah menjadi informasi, selanjutnya informasi tersebut dikombinasikan dengan ilmu atau informasi tentang strategi organisasi dan lingkungan yang kompetitif, dan di langkah terakhir pembuatan keputusan berdasarkan ilmu yang dimiliki oleh akuntan manajemen.

Secara garis besar keberadaan akuntansi manajemen secara laporan yang dihasilkan berbeda dengan akuntan biasa. Jika akuntan keuangan dihasil akhir melaporkan laporan keuangan yang secara general ditujukan kepada pihak eksternal sedangkan cost management information yang digunakan untuk internal perusahaan. Ketentuan bagi akuntansi manajemen adalah mengutamakan kegunaan dan tepat waktu, Sedangkan terkait laporan keuangan kepada eksternal yang diutamakan adalah keakuratan dan kepatuhan.

 2.      Perkembangan Akuntansi Manajemen

Perkembangan akuntansi mengikuti perkembangan dunia bisnis. Ketika dunia bisnis masih sederhana, sistem akuntansinya juga sederhana. Karena terjadi perkembangan alat kerja atau teknologi bisnis terus-menerus sepanjang waktu, maka sistem akuntansinya juga mengikutinya. Perkembangan akuntansi manajemen itu dapat disajikan berikut ini :

1)      Tahun 1900-an             = Historical Costing

2)      Tahun 1950-an             = Standard Costing

3)      Tahun 1980-an             = Activity Based Costing

4)      Tahun 2000-an             = Target Costing

 

Perkembangan akuntansi manajemen itu disebabkan oleh perubahan kondisi lingkungan khususnya lingkungan ekonomi. Perubahan lingkungan ekonomi menyebabkan perubahan lingkungan bisnis dan selanjutnya mengakibatkan sistem akuntansi manajemen. Oleh sebab itu dengan perkembangan itu akuntansi manajemen tradisional tidak digunakan lagi. Perusahaan dewasa ini menggunakan sistem akuntansi kontemporer yang berorientasi pada perolehan laba melalui kepuasan pelanggan.

Ciri sistem akuntansi kontemporer adalah bahwa manajemen tanggap terhadap persaingan global, mutu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan situasi sosial, politik dan budaya, waktu dan perspektif lintas fungsional. Hansen dan mowen menjelaskan bahwa factor kunci perubahan adalah: orientasi kepada pelanggan, perspektif lintas fungsional, persaingan global, manajemen mutu terpadu, waktu sebagai unsure kompetitif, kemajuan dalam teknologi informasi, kemajuan lingkungan manufaktur, pertumbuhan dan deregulasi dalam industry jasa, dan manajemen berdasar aktivitas.

 3.      Informasi Akuntansi Manajemen

Data historis diolah menjadi informasi relevan sebagai alat untuk pengambilan keputusan. Biaya-biaya harus diklasifikasikan ke dalam biaya variabel dan biaya tetap untuk memudahkan membuat perencanaan dan pengendalian kegiatan. Volume penjualan dan harga jual harus diramal baik menggunakan time serie maupun menggunakan hubungan variabel bebas dengan variabel terikat. Hasil peramalan itu sangat berguna bagi manajemen untuk mengambil keputusan bisnis di masa mendatang.

Disamping itu, manajemen harus mengetahui informasi nilai persediaan, informasi harga pokok penjualan per unit atau total, informasi tentang penyimpangan (volume penjualan, harga penjualan, biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead, biaya pemasaran, biaya administrasi, biaya modal, laba akuntansi, laba ekonomis, full costing, direct costing, activity based costing dan just in time costing, kesemuanya itu adalah untuk menambah informasi yang dapat dipergunakan untuk pengambilan keputusan dalam perencanaan dan dalam pengendalian kegiatan.

 4.      Perilaku Etis Akuntan Manajemen

Untuk memperoleh laba, perusahaan harus berperilaku baik terhadap masyarakat dan pelanggannya. Salah satu wujud berperilaku baik itu adalah bahwa akuntan manajemen harus menyajikan informasi jujur dan bertanggungjawab. Hansen dan Mowen menjelaskan bahwa sepuluh nilai yang harus di junjung tinggi akuntan manajemen, yaitu: kejujuran (honesty), integritas (integrity), memegang janji (promise keeping), kesetiaan (fidelity), keadilan (fairness), kepedulian terhadap sesama (caring for others), penghargaan kepada orang lain (respect for others), kewarganegaraan yang bertanggungjawab (responsibility citizenship), pencapaian kesempurnaan (pursuit of ecxelllence), dan akuntabilitas (accountability),

 5.      Pilihan Dari Sistem Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen berdasar aktivitas menawarkan keuntungan yang berarti, termasuk memperbaiki keakuratan pembiyaan produk, memperbaiki pengambilan keputusan, meningkatkan perencanaan strategis, dan kemampuan yang lebih baik dalam mengelola aktivitas. Selain itu, sistem berdasar aktivitas secara khusus sesuai untuk mendukung sasaran perbaikan berkelanjutan tujuan yang penting bagi perusahaan untuk bersaing secara global. Akan tetapi, berbagai manfaat tersebut tidak diperoleh secara gratis. Sistem akuntansi manajemen berdasar aktivitas lebih kompleks dan memerlukan perbaikan signifikan atas aktivitas pengukuran dan pengukuran dapat menjadi mahal. Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi informasi, biaya pengukuran telah turun, yang membuat keputusan yang buruk meningkat (karena semakin ketatnya persaingan sebagai akibat dari timbulnya ekonomi dunia, deregulasi jasa, dan lain-lain). Kebutuhan untuk meningkatkan mutu pengambilan keputusan juga telah meningkatkan daya tarik pendekatan berdasar aktivitas. 

Bagi banyak perusahaan manfaat dari perpindahan sistem FBM ke sistem ABM melebihi biayanya. Karena penggunaan ABC dan ABM telah semakin meluas dan perhatian akan akuntansi manajemen berdsar aktivitas adalah tinggi.

 6.      Fungsi dari Manajemen

Akuntan Manajemen menyampaikan cost management kepada Chief Financial Officer (CFO), Manajer Perusahaan, dan Karyawan lainnya pada suatu perusahaan. Informasi Cost Manajemen menyediakan 4 fungsi manajemen yaitu :

 a.      Strategic Management

Informasi tentang cost management dibutuhkan untuk membuat strategi untuk memilih produk, metode produksi, teknik marketing, menilai profitabilitas dan isu jangka panjang lainnya.

 b.      Planning and Decision Making

Informasi tentang cost management dibutuhkan untuk mensuport untuk penggantian, mengatur cash flow, penganggaran material bahan baku, skedul produksi, dan memberikan harga.

 c.      Management & Operational Control

Informasi tentang cost management dibutuhkan untuk menyediakan dasar untuk mengidentifikasi ketidakefisiensi operasi dan penghargaan untuk meningkatkan efisiensi manajemen.

 d.      Preparation of Financial Statement

Informasi tentang cost management yang dibutuhkan untuk menyediakan keakuratan persediaan dan asset lainnya sesuai dengan kepatuhan pada kebutuhan pelaporan. Selain itu juga berfungsi dalam penyusunan laporan keuangan dan berfungsi terhadap 3 fungsi manajemen lainnya

7.      Cost Management System (CMS)

Cost Management System terdiri dari kumpulan metode perencanaan dan pengendalian biaya pada suatu organisasi baik secara jangka pendek maupun jangka Panjang. CMS memiliki 6 tujuan utama yaitu mengembangkan keakuratan biaya suatu produk pada khususnya di cost driver (aktivitas yang memberikan efek langsung terhadap biaya), menilai performa siklus pada produk/layanan, meningkatkan aktivitas dan proses, mengendalikan biaya, menghitung, performa, dan berperan pada strategi organisasi. 

Dalam melakukan desain CMS diperlukan analisa terhadap organisasi tersebut kemudian menentukan keluaran yang diinginkan, dan selanjutnya adalah analisa kesenjangan antara sistem yang ada, dan diakhiri melakukan penilaian dan perbaikan. CMS tidak pernah selesai dengan kata lain melakukan desain terhadap CMS akan selalu kembali ke awal untuk melakukan improvement.

Sedangkan bagian-bagian pendukung CMS adalah

a.      Motivational Elements

Pengukuran performa, struktur penghargaan, dan Support atas misi organisasi dan strategi kompetisi.

b.      Informational Elements

Mensuport proses penganggaran, penekanan pada siklus perusahaan, perbedaan nilai tambah, mensuport cost reduction, berfokus pengendalian biaya, dan penilaian kompetensi utama dan analisa untuk membuat keputusan.

c.      Reporting Elements

Membuat Laporan Keuangan dan menyediakan pertanggung jawaban laporan keuangan.

Pada situasi tertentu sangat tidak dimungkinkan gap / permasalahan pada suatu organisasi diatasi keseluruhan dengan sistem CMS. Namun dapat berpotensi diatasi hal tersebut dengan adanya software dan hardware, teknologi yang mampu mengimplementasikan adalah dengan sistem ERP yang mana antar fungsi bisnisnya terintegrasi. 

 8.      Manajemen Akuntansi Kontemporer

Perusahaan di dunia pada saat ini memiliki perubahan yang signifikan, utamanya adalah kenaikan kompetisi global; lean manufacturing; kemajuan teknologi informasi, internet, dan e-commerce; fokus yang besar terhadap pelanggan; bentuk baru manajemen organisasi; dan perubahan politik, sosial, dan budaya bisnis.

a.      Lingkungan Bisnis Global

Bisnis global adalah suatu bisnis yang dilakukan yang tidak membatasi ruang antar negara. Hal ini didasari oleh persaingan antar negara untuk menuju ekonomi yang lebih kompetitif. Banyak organisasi-organisasi di dunia yang mengatur perdagangan antar negara seperti World Trade Organization (WTO), European Union (EU), Central America Free Trade Agreement (CAFTA), dan masih banyak lainnya. Dengan mangsa pasar yang semakin besar maka diperlukan suatu informasi manajemen biaya yang lebih kompetitif. Perusahaan membutuhkan informasi finansial dan non finansial tentang kompetisi dan bisnis di luar negara mereka.

b.      Lean Manufacturing

Untuk meningkatkan kompetisi di global, maka perusahaan mengadopsi teknologi manufaktur yang baru. Seperti halnya menggunakan metode persediaan just-in-time, yang mana mengurangi biaya maintain material pada saat disimpan di Gudang. Perusahaan juga menerapkan lean manufacturing untuk memproduksi produk yang low cost dan kualitas yang baik. Perusahaan juga menerapkan perubahan setup time dan percepatan pesanan pelanggan. Secara garis besar metode-metode ini disebut speed to market.

c.      Penggunaan Teknologi, Internet, dan Enterprise Resource Planning

Pada era kontemporer ini perusahaan memiliki pengembangan yang pesat terkait informasi teknologi, internet, dan system manajemen performa, Era ini disebut rapid growth of Internet Based Firm (Amazon, Google, Tokopedia, dll). Peningkatan ini ada pada peningkatan penggunaan internet pada komunikasi, penjualan, proses bisnis data, dan kegunaan enterprise management system. Teknologi ini untuk meramal strategi perusahaan dan mengurangi pemborosan waktu pada bisnis mereka.

d.      Fokus pada Pelanggan

Fokus utama pelanggan adalah peningkatan atas ekspektasi pelanggan pada kualitas produk dan fungsi produk sendiri. Menghasilkan produk yang low-cost dari bagian besar suatu produk yang mencakup kualitas, layanan, waktu kirim cepat, dan kemampuan untuk merespon kendala pelanggan. Sehingga pada era kontemporer saat ini cost management system lebih focus pada spesifikasi penghitungan pilihan pelanggan dan kepuasan pelanggan.

e.      Organisasi Manajemen

Perubahan organisasi manajemen didasarkan pada perubahan teknologi, pemasaran, dan proses manufaktur. Hal ini dikarenakan focus pada kepuasan dan pilihan pelanggan. Hal ini membuat Sistem Manajemen Biaya merubah laporan yang memiliki fungsi antar bagian di dalam suatu tim bisnis, laporan juga mengatur berbagai fungsi pada bisnis dan mencakup berbagai aktivitas operasi dan keuangan seperti kualitas produk, unit cost, kepuasan pelanggan, dan kemacetan produksi.

f.        Sosial, Politik, dan Budaya

Bisnis yang baru pada saat ini membutuhkan fleksibilitas dan mudah beradaptasi terhadap tempat yang memiliki tanggung jawab besar dari pekerja yang lebih berskill. Selain itu perusahaan menjadi lebih focus pada factor luar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat global.

 

 

Daftar Pustaka

Barfield, Raiborn dan Kinney, 2003, Cost Accounting: Tradition and. Innovation, Fifth Edition, Ohio: Sout Western Collage Pub. Budie, Zvi Kane.

Blocher, Edward J., Chen, Kung H,. Lin, Thomas W. 2010. Cost Management: Strategic Emphasis. Fifth Edition, New York : McGraw-Hill Irwin.

Hansen, Mowen. 2006. Management Accounting. Jakarta: Salemba Empat.

Prawironegoro Darsono.2008, Akuntansi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Comments

Popular Posting

Jamaluddin Al-Afgani dan Muhammad Abduh (tokoh-tokoh penting Muslim)

Jamaluddin Al-Afgani adalah tokoh muslim yang kisahnya tak hanya terkenal di negara-negara Islam, namun negara-negara non muslim pun terkenal. Jamaluddin Al-Afgani merupakan muslim yang hali di dalam bidang politik, di sini membawa bahwa negara Islam adalah negara yang diakui di mata dunia, dan menghapuskan Islam hanya berfokus pada ketuhanan. Muhammad Abduh adalah tokoh muslim yang beberapa pembaruannya kuat dari faktor sosial, budaya, politik, dsb. Keberadaannya dalam dunia Islam adalah menyejajarkan dengan orang barat dalam ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu inilah makalah mengenai keduanya. III.I.    Jamaluddin Al-Afghani Jamaluddin Al-Afghani lahir di As’adabad, dekat Kanar di Distrik Kabul, Afghanistas tahun 1839 dan meninggal di Istambul tahun 1897. Berdasarkan beberapa beliau sebenarnya lahir di kota yang bernama sama (As’adabad) tetapi bukan di Afghanistan, melainkan di Iran. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang, khususnya orang Iran lebih suka menyebut pemikir pejuan

Company Visit HMJA KOMISI FE UII 2014/2015

Bali kapan kesana lagi? kapan lagi kalau tidak masa-masa liburan menyempatkan pergi ke sana, dalam rangka kunjungan perusahaan, oke langsung aja ceritain gimana sihhh kita kemaren menuju Bali nya. pertama hari pertama, kita berangkat malam, semalaman perjalanan hingga sampai di daerah mojokerto, kita makan pagi, dan menuju PT Yakult Indonesia, di sana amat menganut perusahaan modern, dan keren, ketika kita berkunjung banyak sekali hal yang dipelajari mulai dari produk pembelian, hingga siap jual, dan strategi marketingnya. kemudian kami berangkat lagi yaitu menuju PT Amarta Otsuka atau Pocari Sweat, kami melihat modernnya perusahaan ini, dimana lingkungan kerja di sana sangat bagus dan menarik, dan begitu luas pabrik nya. Lanjut kita ke Bali, setelah menyebrang laut dengan lumayan keren, akhirnya tibalah kita di pantai tanah lot, di sana begitu menyenangkan, hahahaa, bisa liat deburan pantai di pagi hari, perjalanan dilanjutkan, akhirnya pada siang hari langsung kita menu

Unggah Ungguh Basa Jawa

sebagai orang jawa saya juga mesti menulis jawa. .. . 1. ngoko: basa seng sedaya basane iku ngoko, imbuhan, perangan awak, subyek, tembung kriya, sedoyo ngoko tuladha: 1. aku mangan sega              2. ibu diseneni bapak 2. ngoko alus: basa seng ono tembung-tembunge krama inggil yaiku tembung kriya, tembung perangan awak, lan tembung kowe tuladha: 1. simbah lagi gerah waja              2. panjenengan uwis sare? 3. Krama Inggil: Krama ingkang sedaya tembungipun krama alus. . . . tuladha: 1. Bapak tindak Peken              2. Ibu nembe Sare 4. Krama Madya: krama seng tembunge krama ora alus tuladha:  1. Kula ajeng nedha               2. sedaya kalipatan kula nyuwun pangapura kuwi mau tembung UUB matur suwun

Kedudukan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia

kedudukan pancasila dan pembukaan UUD 1945 dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia dapat dijelaskan bahwasanya Pancasila dan pembukaan UUD 1945 memiliki hubungan yang mana Pancasila merupakan sumber diadakannya Pembukaan UUD 1945, Dengan kata lain pembukaan UUD 1945 yang mana memuat Pancasila sebagai dasar negara, Tujuan Negara, dan Bentuk negara Republik Indonesia dan merupakan Sumber hukum tertinggi di Indonesia, menjadikan Pancasila sebagai dasar hukum untuk memfilsafatkan pembukaan UUD 1945. Di Pembukaan UUD 1945 terlihat bahwa alenia pertama hingga ke empat merupakan peryataan-pernyataan yang terkait dengan pendahuluan bangsa Indonesia, dan di alenia ke empat merupakan kesatuan organis dengan pasal-pasal yang berada pada batang tubuh UUD 1945. Selain itu di dalam UUD 1945 yang merupakan bentuk atas deklarasi bangsa dan negara Indonesia memiliki tujuan yang mana secara khusus adalah berusaha untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah indonesia, memajukan keseja

Ekonomi Islam - Harga Pasar, dan peranan publik dalam perekonomian (peranan, sejarah, mekanisme, dan bentuk pasar) - Ringkasan delapan

Sekarang adalah waktu untuk share terkait ekonomi islam penentuan harga, pasar, dan peranan publik dalam perekonomian Dalam konsep ekonomi Islam harga ditentukan oleh keseimbangan permintaan dan penawaran. Keseimbangan ini tidak terjadi apabila antara penjual dan pembeli tidak saling bersikap merelakan. Kerelaan ini ditentukan oleh penjual dan pembeli dalam mempertahankan kepentingannya atas barang tersebut. Jadi, harga ditentukan oleh kemampuan penjual untuk menyediakan barang yang ditawarkan kepada pembeli, dan kemampuan pembeli untuk mendapatkan barang tersebut dari penjual. Dalam ekonomi Islam keseimbangan pasar mempertimbangkan beberapa hal. 1.       Dalam konsep Islam monopoli, duopoly, oligopoly tidak dilarang keberadaannya selama mereka tidak mengambil keuntungan diatas keuntungan normal. 2.       Kondisi pasar yang kompetitif mendorong segala sesuatu menjadi terbuka. Allah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 29 yang berbunyi “Hai orang-orang beriman, jangan

Analisis unsur instrinsik novel luar negeri sherlock holmes "The Adventure of the Devil's Foot"

nah pada kali ini saya akan memberikan sebuah posting tentang tugas masa kelas XI Ipa 6 . . . .ya seperti itulah. . .ini merupakan tugas bahasa Indonesia yang kami kerjakan ber-empat (yufi,a'as,adit,jb) . . .di dalam sini saya akan membahas tentang bagaimana cara menentukan instrinsik novel luar negeri yang sebelumnya yaitu analisis novel dalam negeri berjudul : The Adventure of the Devil's Foot nah untuk selanjutnya saya akan membahas tentang sebuah novel karya " Arthur Conan Doyle " berjudul The Adventure of the Devil's Foot dalam serinya SHERLOCK HOLMES . . .bahkan untuk membaca novel kecil ini saya membutuhkan waktu selam satu hari kurang atau lebih tepatnya 6 jam kurang. . . keren padahal saya menyewa itu dari persewaan buku depan sekolah dengan rp. 1000/hari. . . hehehehe. . . . nah untuk ulasan silahkan saja lihat di bawah ini. . .  A. RESENSI SEKILAS Judul                : The Adventure of the Devil's Foot   Pengarang       : Arthur C

Laporan Hasil Observasi KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Islam Indonesia 2015

Hello sudah sekitar 1 tahunan saya mengalami sebuah KKN yang mana menimbulkan seribu satu kisah yang bakal ngga akan terlupa. Satu keluarga yang berasal dari orang-orang berbeda di satukan dalam satu rumah dibawah bimbingan seorang kepala dusun yang sangat baik hati. Berikut adalah salah satu hal yang biasanya dicari anak-anak UII yang mau KKN yaitu program KKN monggo silahkan kalau mau didownload. Gratis gausah pake bayar. LATAR BELAKANG   Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Indonesia (UII) diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan pengabdian terhadap masyarakat, di mana setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dan menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat membantu warga masyarakat sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki .   Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah pembelajaran sekaligus impl

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kesenian Tari Topeng Ireng Kabupaten Boyolali

Berikut ini akan saya share bagaimana isi proposal untuk pengajuan dana untuk pendanaan kesenian topeng ireng di salah satu desa di kabupaten Boyolali. Berikut akan terlampir di bawah ini. Topeng Ireng adalah salah satu kesenian yang tumbuh dan berkembang di daerah boyolali yang mana harus lestari dan berjaya selama-lamanya. Untuk menunjang kesenian ini terus berkembang dan tumbuh maka dibutuhkan suatu hal yang menunjang kesenian tersebut. DOWNLOAD DI SINI PROPOSAL PENGAJUAN DANA FASILITAS KOSTUM KESESENIAN TOPENG IRENG DUSUN GESIKAN, DESA JRAKAH, KECAMATAN SELO, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH 2015 I.                    Nama Kegiatan Pengajuan Dana Bantuan Kostum Seni Tari Topeng Ireng II.                 Tema Kegiatan “Unggulkan Seni melalui Fasilitas Topeng Ireng” III.              Landasan Nilai 1.       “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (peliharalah) hubungan silaturahmi

Cara cepat Key-in / KRS-an / RAS/ memilih mata kuliah di Universitas masing-masing (UII)

setiap ajaran baru ada hal yang membuat kita tegang selama berjam-jam dan hal ini terjadi pada waktu mendekati peristiwa ini terjadi. Jawabnya adalah KRS-an kalo di UII disebut Key-In. Lalu apa yang perlu dipersiapin adalah bagaimana kelanjutannya besok, bagaimana caranya, apalagi ini yang pertama bagi kami angkatan baru, pada saat itu terjadi tepatnya jam 3 sore tepat tadi, wkwkwkk buset deh rasanya negangin banget, bahkan ada yang bikin status 'Key in di UII itu lebih menegangkan dibanding UJIAN!!!", alay sih alay tapi mau gimana lagi.  Alasan tersebut lah menyebabkan di sini kami harus berebut kelas, kami harus berkelahi satu sama lain saling pukul memukul. eitsss, tapi ga segitunya kok. Okey ini masalah key in nilai, cara belajar, dan sebagainya berasal dari sini. Okay awal yang harus dilaku'in itu adalah musti janjian sama temen di warnet tertentu, kita book dulu lah. Singkat cerita, saya bersama ke tujuh teman lainnya mengawali key in, dan pertama-tama berniat m

Berbalas Pantun Anak Muda

wew. . .hari ini ane maju Berbalas Pantun bersama teman saya FA BRIAN GP . . . . nah bayangin coba. . .ane sudah bikin naskah yang sangat mendukung dan tentunya sangat susah. . . ini merupakan kewajiban siswa bahasa Indonesia kelas 3. . . bahkan pantun ini juga dibubuhi Film Pendek yang berjudul "yufigination". . . yang menceritakan Yufi yang punya pacar kemudian diselingkuhi dan dicambukkan cintanya. . . setelah itu mereka berpantun ria. . . Inilah Pantun dari Berbalas Pantun Anak Muda . . . .Yang berhasil memperoleh nilai PROS 90 bulat. . .wkakakakakaa 1. Berawal dari Yufi Mahendra Wardana Mengutarakan pantunnya Buat apa ke pasar Kalau hanya beli peniti Buat apa aku punya pacar Kalau hanya menyakiti hati 2. Disambut Brian dengan Pantunnya Kalau kau tahu ada rakit Kan ku pancing ikan nila Kalau kau tahu cinta itu sakit Jangan kau mulai dari semula 3. Yufi kembali berpantun Bagaikan Memancing kehujanan Hujan melan