Skip to main content

Accounting Postulates and Principles from an Islamic Perspective "Postulat dan Prinsip Akuntansi dari Sudut Pandang Islam"


“Accounting Postulates and Principles from an Islamic Perspective”

Pendahuluan
Paper ini membahas dan meneliti tentang postulat dan prinsip akuntansi yang secara umum dapat diterima dan dapat digunakan sebagai dasar akuntansi dalam bank islam dan lembaga keuangan islam. Penelitian ini menilai kesesuaian antara postulat dan prinsip akuntansi dengan hukum dan prinsip islam.
Teori akuntasi sudah berkembang melewati proses yang sangat panjang yang dipengaruhi oleh logika, pembuatan kebijakan, regulasi pemerintahan, dan perkembangan keuangan yang berasal dari perkembangan ekonomi itu sendiri. Serta norma dan kepercayaan masyarakat juga memaninkan peran penting dalam perkembangan teori tersebut.
Konsep kontemporer akuntansi yang berkembang seiring dengan tumbuhnya teori akuntansi di dunia barat, yang berhubungan dengan perkembangan kehidupan ekonomi dan perubahan kebutuhan dari kelmpok yang berbeda beda atas kebutuhan informasi akuntansi.

Pembahasan
1. Postulat Akuntansi
Postulat akuntansi adalah pernyataan yang tidak memerlukan pembuktian atau aksioma, berterima umum berdasarkan kesesuaiannya dengan tujuan laporan keuangan, menggambarkan lingkungan akuntansi, politik, sosiologi, dan hokum tempat akuntansi beroperasi.
1.1 Entitas Akuntansi
Definisi kesatuan akuntansi adalah menentukan unit ekonomi yang mengendalikan sumber-sumber daya, bertanggungjawab untuk membuat dan melaksanakan kegiatan ekonomi. Postulat ini memperbolehkan akuntan untuk membedakan antara perseorangan atau orang yang memiliki usaha, dan usaha itu sendiri. Selain itu, postulat ini memperbolehkan akuntan untuk membagi usaha menjadi entitas akuntansi yang lebih kecil untuk mengukur kinerja atau pengawasan/ pengendalian.
1.2 Entitas Akuntansi dari Pandangan Islam
Seperti yang telah kita ketahui, di bawah teori entitas, transaksi dicatat dari sudut pandang perusahaan bukannya orang-orang dari pemilik, pendapatan dan pengeluaran didefinisikan dari sudut pandang perusahaan. Sebagai akibatnya, teori entitas memungkinkan penggunaan untuk mempertimbangkan:
a. Perusahaan sebagai sesuatu yang terpisah dan entitas berbeda dari pemilik dan perusahaan lainnya
b. Perusahaan sebagai sesuatu yang nyata dan bertanggungjawab bagi dirinya sendiri
c. Perusahaan sebagai pemilik sumber daya
d. Akuntan melaporkan transaksi atas perusahaan bukan atas pemiliknya.
Poin-poin di bawah ini dipertimbangkan dari sudut pandang prinsip dan aturan Islam untuk melihat apakah teori akuntansi berlawanan dengannya. Prinsip dan aturan yang mengatur kontrak keuangan dalam Islam, seperti diringkas oleh Ibn al A’rabi adalah :
a. Melarang adanya bunga dan legitimasi dalam perdagangan. Meskipun perdagangan diperbolehkan, ada pembatasan dalam kondisi dan praktik perdagangan
b. Melarang memperkaya diri dengan cara yang tidak tepat. Seperti dijelaskan dalam Q.S 4:29
c. Melarang adanya ketidakjelasan kontrak dalam perdagangan untuk menghindari adanya penipuan.
d. Memberikan pertimbangan dengan niat dan tujuan demi kesejahteraan.
Teori entitas akuntansi, pada dasarnya tidak bertentangan dengan prinsip Islam dengan alasan berikut ini :
- Postulat entitas membuat masalah klien lebih mudah dalam perusahaan
- Postulat entitas memungkinkan pembentukan perusahaan saham gabungan yang besar
- Postulat dapat diterima karena dalam Islam segala sesuatu diperbolehkan dan sah apabila tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah
- Hukum Islam (Fiqh) termasuk akrab dengan hal-hal yang berhubungan dengan sumbangan (Waqf),perbendaharaan kas (Baitul Mal), dan pemerintahan.

1.3 Postulat Kelangsungan Usaha
Menyatakan bahwa entitas akuntansi akan terus beroperasi. Postulat ini berasumsi bahwa perusahaan tidak diharapkan untuk dilikuidasi dalam masa yang akan datang yang dapat diketahui dari sekarang atau bahwa entitas akan terus beroperasi untuk jangka waktu yang tidak tertentu.
1.4 Postulat Kelangsungan Usaha Berdasarkan Sudut Pandang Islam
Asumsi postulat kelangsungan usaha secara konvensional sebenarnya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Islam. Dalam hukum Islam, terdapat postulat yang mirip dengan postulat tersebut misalnya konsep Istishab yaitu ‘mempertahankan’ sesuatu yang ada.meskipun demikian, walaupun postulat tentang kelangsungan usaha secara konvensional tidak bertentangan dengan prinsip Islam, namun banyak ide-ide mendasar yang konsekuensinya dipertanyakan dari sudut pandang Islam. Termasuk dalam pencatatan aset menggunakan harga pasar yang diketahui sebagai prinsip konservatif.
Prinsip konservatif adalah salah satu hal dimana pencatatan aset lebih rendah dari harga pasar dan menunda pengakuan pendapatan dan mempercepat pengakuan biaya. Dalam Islam, prinsip konservatif kurang sesuai dengan prinsip dan hukum Islam. Karena penilaian persediaan dibawah prinsip ini mengurangi dasar untuk membayar zakat yang seharusnya dibayar secara tahunan.
1.5 Postulat Periode Akuntansi
Postulat ini menjelaskan bahwa menyatakan bahwa laporan keuangan perusahaan seharusnya diungkapkan secara periodik. Panjangnya periode waktu dapat bervariasi, tetapi hukum pajak penghasilan, yang mensyaratkan penentuan income dengan dasar tahunan, dan praktik bisnis tradisional, menggunakan periode normal satu tahun. Menurut Paton, postulat ini merupakan salah satu hal yang penting di dalam akuntansi. Tujuannya untuk membandingkan antara pendapatan dan biaya yang diakui pada tahun fiskal berjalan. Postulat periode akuntansi mengizinkan akuntan untuk menganalisis dan mengatur ulang data akuntansi untuk menggambarkan keputusan administratif dan menyediakan data yang berguna untuk kebutuhan di masa depan. Di samping itu selain membantu dalam memutuskan untuk berinvestasi, postulat ini juga membantu memprediksi resiko dan kebangkrutan. Oleh karena itu, sangat membantu di dalam membuat keputusan untuk meminjam dana.
1.6 Postulat Periode Akuntansi dalam Sudut Pandang Islam
Postulat ini tidak bertentangan dengan prinsip Islam, karena bukan menjadi suatu hal yang diperdebatkan, dan postulat ini membantu dalam pembayaran zakat. Mengapa demikian, karena hal tersebut dapat menggambarkan kondisi keuangan perusahaan secara berkala dan dapat membantu perusahaan untuk mengetahui berapa banyak zakat yang harus dibayarkan. Selain itu, konsep ini sudah dikenal Muslim sebelum disarankan menjadi konsep Akuntansi masa kini.
1.7 Postulat Unit Pengukuran
Menyatakan bahwa akuntansi adalah pengukuran dan proses mengkomunikasikan aktivitas perusahaan yang dapat diukur dalam satuan moneter. Unit pertukaran dan pengukuran diperlukan untuk mencatat transaksi perusahaan dengan cara yang seragam. Pengukur umum yang dipilih dalam akuntansi adalah unit moneter. Kebertukaran barang, jasa, dan modal diukur dalam satuan uang. Keterbatasan yang diakibatkan oleh postulat unit pengukur ini terkait dengan unit moneter itu sendiri sebagai unit pengukur. Karakteristik utama adalah daya beli unit moneter, atau kuantitas barang atau jasa yang satuan uang dapat digunakan. Daya beli unit moneter, dalam hal ini dolar, tunduk pada perubahan.
Dua pandangan yang berbeda untuk menampilkan informasi keuangan sebagai efek perubahan harga dan nilai di dalam suatu usaha untuk mengatasi kekurangan informasi atas harga perolehan.


1.8 Postulat Unit Pengukuran dalam Perspektif Islam
Uang sebagai satuan ukuran dapat diterima dalam Islam di bawah sistem moneter yang stabil dimana stabilitas nilai uang dikelola. Karena tekanan tegas Islam pada jujur dan keadilan dalam semua pengukuran nilai. Seperti dijelaskan dalam Q.S Al-An’am ayat 152 : “Give measure and weight with (full) justice”

2. Prinsip Akuntansi
Pengertian dan pembahasan dari prinsip akuntansi secara konvensional adalah keputusan umum yang diturunkan baik dari tujuan dan konsep teoritis akuntansi yang mengatur perkembangan teknik-teknik akuntansi. Sedangkan dalam Islam, prinsip akuntansi meliputi keadilan dan kesetaraan, penyamarataan hak semua pihak, serta membayar zakat.

2.1 Prinsip Objektivitas
Kegunaan informasi keuangan tergantung pada tingkat realibilitas prosedur pengukuran yang digunakan. Karena menjamin reliabilitas maksimum adalah salat sulit, akuntan, telah menggunakan prinsip objektivitas untuk menjustifikasi pemilihan prosedur pengukuran yang digunakan.
Prinsip dalam pandangan Islam mengutamakan akuntansi yang adil khususnya dalam pencatatan transaksi yang berbeda beda contohnya, asset, barang dan jasa dengan harga yang berlaku pada saat tanggal transaksi (harga perolehan).

2.2 Prinsip Penandingan
Prinsip penandingan mengatakan bahwa expense (beban) harus diakui pada periode yang sama dengan revenue, yaitu revenue diakui dalam periode tertentu sesuai dengan prinsip revenue, dan beban yang terkait kemudian diakui.
Prinsip penandingan merupakan prinsip yang sangat kompatibel dengan prinsip keadilan dalam perspektif islam, karena prinsip ini mengalokasi biaya atas pendapatannya memberikan kesetaraan dan keadilan secara berkesinambungan kepada pemegang saham dan depositor di bank islam.

2.3 Prinsip konsistensi
Prinsip konsistensi menyatakan bahwa peristiwa ekonomi yang serupa seharusnya dicatat dan dilaporkan secara konsisten dari period ke periode. Prinsip ini berimplikasi bahwa prosedur akuntansi yang semua akan diterapkan dalam item serupa sepanjang waktu.
Prinsip konsistensi tidak bertentangan dengan prinsip di dalam sudut pandang islam,karena hal ini membantu untuk memberikan informasi yang berguna dan akurat untuk laporan keuangan yang baik. Kegagalan dalam menegakkan konsistensi akan berakibat kepada profit yang tidak wajar dengan dampak yang langsung kepada zakat dan distribusi profit inestasi depositor di dalam bank islam.

2.4 Prinsip keseragaman dan komparabilitas
Prinsip keseragaman merujuk pada penggunaan prosedur yang sama oleh perusahaan yang berbeda. Tujuan yang diinginkan adalah mencapai komparabilitas laporan keuangan dengan mengurangi keanekaragaman yang tercipta karena penggunaan prosedur akuntansi yang berbeda oleh perusahaan yang berbeda. Hal tersebut membantu pemakai untuk mengambil keputusan yang mana hal tersebut diinginkan di dalam perspektif islam.

2.5 Prinsip materialitas
Prinsip materialitas menyatakan bahwa transaksi dan peristiwa yang tidak memiliki dampak ekonomi signifikan dapat diatasi dengan cara yang paling tepat, apakah transaksi dan peristiwa tersebut sesuai dengan prinsip berterima umum atau tidak, dan tidak perlu diungkapkan. Di dalam islam tidak ada perdebatan terhadap prinsip materialitas ini karena prinsip ini memberikan perlindungan terhadap resiko penyalahgunaanya.

2.6 Prinsip Biaya
Prinsip biaya (cost principle) atau prinsip biaya historis (historical cost principle) adalah konsep umum untuk mencatat aset, kewajiban, atau investasi ekuitas sebesar biaya perolehan aslinya.
Di dalam sudut pandang islam sedikit diperdebatkan tentang prinsip biaya ini. Hal ini karena adanya tentangan terhadap keadilan dan kesetaraan apabila penilaian didasari lingkungan yang mengalami inflasi. Lebih jauh, informasi keuangan yang didasarkan hal tersebut akan mengakibatkan depositor tang menarik investasinya di bank Islam.

2.7 Prinsip Realisasi
Prinsip ini mengakui bahwa pendapatan tidak dapat dicatat kecuali jika ada bukti bahwa kas sudah diterima. Pendapatan diterima ketika produk final sudah dikirimkan. Mengapa harus ada prinsip realisasi ? Karena bertujuan untuk menghindari resiko kecurangan jumlah kas yang dikumpulkan atau adanya tambahan beban.
Prinsip realisasi ini dapat diterima oleh sudut pandang Islam selama pencatatan transaksi diperhatikan.

2.8 Prinsip Pengungkapan
Dalam sudut pandang Islam, prinsip ini berfungsi untuk menyediakan informasi tentang keputusan keuangan yang adil. Nilai dasar Zakat dan distribusinya merupakan hasil dari prinsip ini. Selain itu, laporan keuangan organisasi keuangan Islam untuk Bank Islam dan lembaga keuangan menyertakan sumber-sumber dan penggunaan Zakat dan dana Qard Hassan.

Kesimpulan
Prinsip akuntansi secara umum dapat diterima untuk memenuhi kesetaraan akuntansi di Bank Islam. Meskipun bank Islam beroperasi dengan cara yang berbeda dari bank konvensional, hal ini tidak secara penuh membedakan lembaga keuangan yang membutuhkan konsep akuntansi yang berbeda-beda. Sebagai hasilnya, prioritas dapat diberikan untuk prinsip akuntansi, kebijakan, dan prosedurnya. Karenanya, semua prinsip dan prosedur yang mengutamakan kesetaraan dan keadilan diterima di dalam akuntansi yang Islami.



Referensi :

Ahmed, Abdulgader Eltegani. 1994. Accounting Postulate and Principles from an Islamic Perspective. National Management Consultancy Centre. Jeddah.
Mustapha,Noraani dan Saufi, Suraini.2012.Islamic Accounting and Business Practices : A Conceptual Framework. Universiti Malaysia Kelantan.
 



Comments

Popular Posting

Jamaluddin Al-Afgani dan Muhammad Abduh (tokoh-tokoh penting Muslim)

Jamaluddin Al-Afgani adalah tokoh muslim yang kisahnya tak hanya terkenal di negara-negara Islam, namun negara-negara non muslim pun terkenal. Jamaluddin Al-Afgani merupakan muslim yang hali di dalam bidang politik, di sini membawa bahwa negara Islam adalah negara yang diakui di mata dunia, dan menghapuskan Islam hanya berfokus pada ketuhanan. Muhammad Abduh adalah tokoh muslim yang beberapa pembaruannya kuat dari faktor sosial, budaya, politik, dsb. Keberadaannya dalam dunia Islam adalah menyejajarkan dengan orang barat dalam ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu inilah makalah mengenai keduanya. III.I.    Jamaluddin Al-Afghani Jamaluddin Al-Afghani lahir di As’adabad, dekat Kanar di Distrik Kabul, Afghanistas tahun 1839 dan meninggal di Istambul tahun 1897. Berdasarkan beberapa beliau sebenarnya lahir di kota yang bernama sama (As’adabad) tetapi bukan di Afghanistan, melainkan di Iran. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang, khususnya orang Iran lebih suka menyebut pemikir pejuan

Company Visit HMJA KOMISI FE UII 2014/2015

Bali kapan kesana lagi? kapan lagi kalau tidak masa-masa liburan menyempatkan pergi ke sana, dalam rangka kunjungan perusahaan, oke langsung aja ceritain gimana sihhh kita kemaren menuju Bali nya. pertama hari pertama, kita berangkat malam, semalaman perjalanan hingga sampai di daerah mojokerto, kita makan pagi, dan menuju PT Yakult Indonesia, di sana amat menganut perusahaan modern, dan keren, ketika kita berkunjung banyak sekali hal yang dipelajari mulai dari produk pembelian, hingga siap jual, dan strategi marketingnya. kemudian kami berangkat lagi yaitu menuju PT Amarta Otsuka atau Pocari Sweat, kami melihat modernnya perusahaan ini, dimana lingkungan kerja di sana sangat bagus dan menarik, dan begitu luas pabrik nya. Lanjut kita ke Bali, setelah menyebrang laut dengan lumayan keren, akhirnya tibalah kita di pantai tanah lot, di sana begitu menyenangkan, hahahaa, bisa liat deburan pantai di pagi hari, perjalanan dilanjutkan, akhirnya pada siang hari langsung kita menu

Unggah Ungguh Basa Jawa

sebagai orang jawa saya juga mesti menulis jawa. .. . 1. ngoko: basa seng sedaya basane iku ngoko, imbuhan, perangan awak, subyek, tembung kriya, sedoyo ngoko tuladha: 1. aku mangan sega              2. ibu diseneni bapak 2. ngoko alus: basa seng ono tembung-tembunge krama inggil yaiku tembung kriya, tembung perangan awak, lan tembung kowe tuladha: 1. simbah lagi gerah waja              2. panjenengan uwis sare? 3. Krama Inggil: Krama ingkang sedaya tembungipun krama alus. . . . tuladha: 1. Bapak tindak Peken              2. Ibu nembe Sare 4. Krama Madya: krama seng tembunge krama ora alus tuladha:  1. Kula ajeng nedha               2. sedaya kalipatan kula nyuwun pangapura kuwi mau tembung UUB matur suwun

Kedudukan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia

kedudukan pancasila dan pembukaan UUD 1945 dalam konteks ketatanegaraan Republik Indonesia dapat dijelaskan bahwasanya Pancasila dan pembukaan UUD 1945 memiliki hubungan yang mana Pancasila merupakan sumber diadakannya Pembukaan UUD 1945, Dengan kata lain pembukaan UUD 1945 yang mana memuat Pancasila sebagai dasar negara, Tujuan Negara, dan Bentuk negara Republik Indonesia dan merupakan Sumber hukum tertinggi di Indonesia, menjadikan Pancasila sebagai dasar hukum untuk memfilsafatkan pembukaan UUD 1945. Di Pembukaan UUD 1945 terlihat bahwa alenia pertama hingga ke empat merupakan peryataan-pernyataan yang terkait dengan pendahuluan bangsa Indonesia, dan di alenia ke empat merupakan kesatuan organis dengan pasal-pasal yang berada pada batang tubuh UUD 1945. Selain itu di dalam UUD 1945 yang merupakan bentuk atas deklarasi bangsa dan negara Indonesia memiliki tujuan yang mana secara khusus adalah berusaha untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah indonesia, memajukan keseja

Ekonomi Islam - Harga Pasar, dan peranan publik dalam perekonomian (peranan, sejarah, mekanisme, dan bentuk pasar) - Ringkasan delapan

Sekarang adalah waktu untuk share terkait ekonomi islam penentuan harga, pasar, dan peranan publik dalam perekonomian Dalam konsep ekonomi Islam harga ditentukan oleh keseimbangan permintaan dan penawaran. Keseimbangan ini tidak terjadi apabila antara penjual dan pembeli tidak saling bersikap merelakan. Kerelaan ini ditentukan oleh penjual dan pembeli dalam mempertahankan kepentingannya atas barang tersebut. Jadi, harga ditentukan oleh kemampuan penjual untuk menyediakan barang yang ditawarkan kepada pembeli, dan kemampuan pembeli untuk mendapatkan barang tersebut dari penjual. Dalam ekonomi Islam keseimbangan pasar mempertimbangkan beberapa hal. 1.       Dalam konsep Islam monopoli, duopoly, oligopoly tidak dilarang keberadaannya selama mereka tidak mengambil keuntungan diatas keuntungan normal. 2.       Kondisi pasar yang kompetitif mendorong segala sesuatu menjadi terbuka. Allah berfirman dalam surat An-Nisa ayat 29 yang berbunyi “Hai orang-orang beriman, jangan

Analisis unsur instrinsik novel luar negeri sherlock holmes "The Adventure of the Devil's Foot"

nah pada kali ini saya akan memberikan sebuah posting tentang tugas masa kelas XI Ipa 6 . . . .ya seperti itulah. . .ini merupakan tugas bahasa Indonesia yang kami kerjakan ber-empat (yufi,a'as,adit,jb) . . .di dalam sini saya akan membahas tentang bagaimana cara menentukan instrinsik novel luar negeri yang sebelumnya yaitu analisis novel dalam negeri berjudul : The Adventure of the Devil's Foot nah untuk selanjutnya saya akan membahas tentang sebuah novel karya " Arthur Conan Doyle " berjudul The Adventure of the Devil's Foot dalam serinya SHERLOCK HOLMES . . .bahkan untuk membaca novel kecil ini saya membutuhkan waktu selam satu hari kurang atau lebih tepatnya 6 jam kurang. . . keren padahal saya menyewa itu dari persewaan buku depan sekolah dengan rp. 1000/hari. . . hehehehe. . . . nah untuk ulasan silahkan saja lihat di bawah ini. . .  A. RESENSI SEKILAS Judul                : The Adventure of the Devil's Foot   Pengarang       : Arthur C

Laporan Hasil Observasi KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Islam Indonesia 2015

Hello sudah sekitar 1 tahunan saya mengalami sebuah KKN yang mana menimbulkan seribu satu kisah yang bakal ngga akan terlupa. Satu keluarga yang berasal dari orang-orang berbeda di satukan dalam satu rumah dibawah bimbingan seorang kepala dusun yang sangat baik hati. Berikut adalah salah satu hal yang biasanya dicari anak-anak UII yang mau KKN yaitu program KKN monggo silahkan kalau mau didownload. Gratis gausah pake bayar. LATAR BELAKANG   Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Indonesia (UII) diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan pengabdian terhadap masyarakat, di mana setiap mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat beradaptasi dan menjalin kerja sama yang baik dengan seluruh lapisan masyarakat. Selain itu mahasiswa diharapkan dapat membantu warga masyarakat sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dimiliki .   Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah pembelajaran sekaligus impl

Contoh Proposal Pengajuan Dana Kesenian Tari Topeng Ireng Kabupaten Boyolali

Berikut ini akan saya share bagaimana isi proposal untuk pengajuan dana untuk pendanaan kesenian topeng ireng di salah satu desa di kabupaten Boyolali. Berikut akan terlampir di bawah ini. Topeng Ireng adalah salah satu kesenian yang tumbuh dan berkembang di daerah boyolali yang mana harus lestari dan berjaya selama-lamanya. Untuk menunjang kesenian ini terus berkembang dan tumbuh maka dibutuhkan suatu hal yang menunjang kesenian tersebut. DOWNLOAD DI SINI PROPOSAL PENGAJUAN DANA FASILITAS KOSTUM KESESENIAN TOPENG IRENG DUSUN GESIKAN, DESA JRAKAH, KECAMATAN SELO, KABUPATEN BOYOLALI, JAWA TENGAH 2015 I.                    Nama Kegiatan Pengajuan Dana Bantuan Kostum Seni Tari Topeng Ireng II.                 Tema Kegiatan “Unggulkan Seni melalui Fasilitas Topeng Ireng” III.              Landasan Nilai 1.       “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain dan (peliharalah) hubungan silaturahmi

Cara cepat Key-in / KRS-an / RAS/ memilih mata kuliah di Universitas masing-masing (UII)

setiap ajaran baru ada hal yang membuat kita tegang selama berjam-jam dan hal ini terjadi pada waktu mendekati peristiwa ini terjadi. Jawabnya adalah KRS-an kalo di UII disebut Key-In. Lalu apa yang perlu dipersiapin adalah bagaimana kelanjutannya besok, bagaimana caranya, apalagi ini yang pertama bagi kami angkatan baru, pada saat itu terjadi tepatnya jam 3 sore tepat tadi, wkwkwkk buset deh rasanya negangin banget, bahkan ada yang bikin status 'Key in di UII itu lebih menegangkan dibanding UJIAN!!!", alay sih alay tapi mau gimana lagi.  Alasan tersebut lah menyebabkan di sini kami harus berebut kelas, kami harus berkelahi satu sama lain saling pukul memukul. eitsss, tapi ga segitunya kok. Okey ini masalah key in nilai, cara belajar, dan sebagainya berasal dari sini. Okay awal yang harus dilaku'in itu adalah musti janjian sama temen di warnet tertentu, kita book dulu lah. Singkat cerita, saya bersama ke tujuh teman lainnya mengawali key in, dan pertama-tama berniat m

Berbalas Pantun Anak Muda

wew. . .hari ini ane maju Berbalas Pantun bersama teman saya FA BRIAN GP . . . . nah bayangin coba. . .ane sudah bikin naskah yang sangat mendukung dan tentunya sangat susah. . . ini merupakan kewajiban siswa bahasa Indonesia kelas 3. . . bahkan pantun ini juga dibubuhi Film Pendek yang berjudul "yufigination". . . yang menceritakan Yufi yang punya pacar kemudian diselingkuhi dan dicambukkan cintanya. . . setelah itu mereka berpantun ria. . . Inilah Pantun dari Berbalas Pantun Anak Muda . . . .Yang berhasil memperoleh nilai PROS 90 bulat. . .wkakakakakaa 1. Berawal dari Yufi Mahendra Wardana Mengutarakan pantunnya Buat apa ke pasar Kalau hanya beli peniti Buat apa aku punya pacar Kalau hanya menyakiti hati 2. Disambut Brian dengan Pantunnya Kalau kau tahu ada rakit Kan ku pancing ikan nila Kalau kau tahu cinta itu sakit Jangan kau mulai dari semula 3. Yufi kembali berpantun Bagaikan Memancing kehujanan Hujan melan