Laporan Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Indonesia periode 2015


Berikut ini akan kami sajikan sharing knowledge tentang program KKN yang sudah dijalankan dimana beberapa hal memang menjadi pembelajaran dalam program KKN ini. KKN yang berada di kabupaten boyolali selalu memberikan kesan tersendiri bagi perjalanan kami.

Terimakasih dusun Gesikan yang telah memberikan knowledge tak terhingga. Silahkan FREE di download file

Bab III KKN


3.1 Kesimpulan
Setelah dilaksanakan beberapa program kegiatan di Dusun Gesikan, kami dapat mengambil beberapa kesimpulan tentang hasil program yang telah dilaksanakan sebagai berikut :
3.1.1 Program Sosialisasi dan Pelatihan Investasi yang Baik
            Dengan adanya program tersebut, maka masyarakat mampu mengerti dan membedakan investasi yang benar, sehingga tidak akan lagi tertipu oleh investasi-investasi yang merugikan bagi masyarakat Gesikan. Selain itu ilmu investasi yang telah didapatkan nantinya berguna untuk mendapatkan tambahan pendapatan selain dari bekerja.       
3.1.2 Program Kelas Inspirasi Anak
          Dengan diadakan program ini anak-anak akan semakin mengerti tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan disekitar. Melalui program motivational session, anak akan semakin percaya diri untuk memperoleh kesuksesan melalui bagaimana memanfaatkan keadaan lingkungan sekitar. Mereka akan mulai memerhatikan keadaan sekitar yang ada dan mulai menjaga baik diri mereka sendiri dan lingkungan dimana mereka tinggal
1.1.3    Administrasi dan Pengaktifan Fasilitas Masjid Al-Ikhlas
Dengan diadakannya program ini, sistem pengadministrasian masjid yang sebelumnya belum begitu baik, dengan diberikan buku administrasi masjid akan memudahkan takmir untuk melakukan pengadministrasian masjid. Selain itu penempelan stiker-stiker yang menunjukan inventaris masjid juga akan semakin membuat barang-barang masjid terurus dan tidak hilang. Demikian pula dengan pencatatan kas yang ada di masjid, setelah adanya pembukuan maka akan sangat mudah ketika melacak keberadaan kas yang ada di masjid.
.




3.2 Saran       
3.2.1 Untuk Universitas Islam Indonesia
            Adanya koordinasi yang lebih baik antara universitas, fakultas, dan jurusan, sehingga tidak terjadi penumpukan jumlah mahasiswa yang memiliki fakultas ataupun jurusan yang sama. Agar memudahkan mahasiswa ketika memilih program dan tentunya dapat membantu masyarakat dari berbagai aspek.
3.2.2 Untuk Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM)
             Akan lebih baik jika pengumuman-pengumuman seputar KKN di website kkn dijelaskan lebih gamblang di salah satu media tersendiri. Misalnya membuat web atau blog yang khusus sendiri tentang KKN pada angkatan tersebut, sehingga informasi tidak bercampur dengan informasi di luar KKN, dengan demikian akan memudahkan mahasiswa dan tidak terjadi kesenjangan informasi.
3.3.3 Untuk Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
            Lebih sering menjenguk mahasiswa bimbingan ke lokasi KKN dan sebelum KKN akan lebih baik lagi jika DPL lebih mengkoordini bimbingan tidak mendekati hari H KKN.
3.3.4 Untuk Masyarakat
            Kegiatan KKN memang suatu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, namun tidak hanya sebatas materil yang harus menjadi tanggungan mahasiswa KKN saja melainkan lebih ditekankan pada bagaimana kemampuan seorang mahasiswa KKN untuk mengkoordinir warga dan membantu mencari pemecahan masalah yang ada.
3.2.5 Untuk Mahasiswa KKN
a.       Belajar untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan bagaimana cara untuk bersosialisasi dan berkomunikasi yang baik dengan masyarakat di lokasi sasaran.
b.      Menentukan program kerja berdasarkan dengan kebutuhan masyarakat lokasi KKN, bukan yang merupakan keinginan masyarakat.
3.3 Rekomendasi
            Dari hasil analisis dan diskusi dengan semua anggota unit 160, serta pengalaman pribadi penulis sendiri, lokasi KKN di dusun Gesikan SANGAT DIREKOMENDASIKAN untuk kegiatan KKN selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Jamaluddin Al-Afgani dan Muhammad Abduh (tokoh-tokoh penting Muslim)

Company Visit HMJA KOMISI FE UII 2014/2015

Unggah Ungguh Basa Jawa